Kamis, 24 Januari 2013

ARTI SEBUAH KETULUSAN

   Disuatu desa hiduplah seorang petani miskin, di gubuk tua itu ia hidup berdua bersama istrinya yg selalu setia menemaninya. suatu hari ia meminta ijin kapada istrinya untuk bertandang kerumah Guru nya, yaitu Guru yg pernah mengajarkan banyak tentang ilmu agama kepadanya.
berkatalah laki2 itu kepada istri nya
 "istriku, besok aku akan pergi kerumah tuan Guru, sudah sekian tahun aku belum pernah menjenguk nya, tolong bawakan aku oleh2 buat tuan Guru".
"kita tidak punya apa2 selain singkong ini, kalau kamu mau bawalah untuk oleh2." jawab istri nya.
Keesokan paginya sang suami berangkat dengan membawa dua pikul singkong untuk oleh2 buat sang Guru.
   Sesampainya di rumah Guru, dia memberikan oleh2 singkong itu sebagai buah tangan, mereka berbincang lama karena sudah sekian tahun tidak terdengar kabar, dan sang Guru pun ahirnya mengerti bahwa muridnya itu hidupnya belum berkecukupan.
   Setelah lama berbincang ahirnya dia meminta ijin kapada sang Guru untuk kembali pulang, kepada murid nya, sang Guru membawakan oleh2 dua ekor kambing sebagai ucapan terimakasih kepada murid nya yg telah sudi menjenguk nya dan membawakan oleh2.
Sesampai dirumah istri nya sangat senang sekali, sang suami membawakan nya dua ekor kambing.
   Hingga suatu hari terdengar tetangga yg lain yaitu sahabat nya sendiri waktu dulu sama2 menimba ilmu kepada sang Guru. Ahirnya Petani itu bercerita kepada sahabat karibnya itu bahwa kambing nya itu adalah pemberian sang Guru setelah ia bertandang kerumahnya dan membawakan oleh2 dua pikul singkong kepada sang Guru.
   Muncul dalam benak sahabatnya, hanya dengan membawa dua pikul singkong tapi sang Guru memberinya ganti dua ekor kambing..? bagaimana jika dia membawa dua ekor kambing? pasti dia akan dapat ganti dua ekor sapi.
   Keesokan harinya sahabatnya itu bertandang kerumah sang Guru dengan membawa dua ekor kambing. Sang Guru sangat senang sekali dibawakan oleh2 muridnya dua ekor kambing, setelah lama berbincang ahirnya sahabatnya itu meminta ijin pulang.
Merasa berterimakasih telah dibawakan oleh2 dua ekor kambing, sang Guru berniat membawakan oleh2 kepada mantan muridnya itu, tapi sekarang ia sudah tak punya apa2 karena kambingnya sudah diberikan kepada muridnya yg lain. teringat 2 pikul singkong pemberian muridnya yg lain tempo hari, ahirnya diberikannya 2 pikul singkong itu kepada mantan muridnya itu.

Sahabat.. jika kita melakukan sesuatu dengan tulus dan ikhlas tidak mengharap imbalan suatu apapun, yakinlah suatu saat tuhan akan membalasnya lebih dari yang kita berikan. Berikan apa yg bisa kita berikan meskipun itu kecil nilanya, karena sesuatu yg berharga belum tentu bernilai bagi orang lain, jika tidak didasari dengan ikhlas.

Tidak ada komentar: