Jumat, 09 Agustus 2013

3 PERSIMPANGAN JALAN

    Suatu hari seorang pemuda memutuskan untuk masuk kedalam hutan, setelah semalam ia mendapat petunjuk melalui sebuah mimpi bahwa didalam hutan sana ada harta karun.

Setelah memasuki hutan melalui jalan setapak, ia dihadapkan dengan 3 persimpangan jalan. Pemuda itu kebingungan untuk menentukan jalan mana yg harus ia pilih. Diseberang jalan nampak sebuah gubuk yg dihuni oleh seorang tua. Pemuda itu lalu bertanya kepada orang tua itu, jalan mana yg harus ia tempuh untuk mendapatkan harta karun?
Orang tua itu menjawab "jalan yg sebelah kiri".

Masuk lah pemuda itu kedalam hutan melalui jalan paling kiri. Tak berapa lama pemuda itu kembali kepada orang tua itu.

"Hei Pak tua.. aku tidak bisa melewati jalan yg sebelah kiri, jalan itu sepertinya buntu, didepan ada kubangan lumpur yg sangat panjang dan dalam. Manakah diantara jalan yg menuju ketempat harta karun itu?"

"Kau masuklah kejalan yg tengah" jawab Pak tua.

Pemuda itu masuk untuk memilih jalan yg tengah. Tapi tak lama kemudian ia kembali lagi kepada pak tua itu,

"Hei Pak tua.. sepertinya jalan yg tengah pun tak bisa, disana ada tebing yg sangat tinggi, aku tak bisa mendakinya. Jalan yg tersisa hanya jalan sebelah kanan. Apakah itu benar2 jalan menuju harta karun?"

"Kau masuk saja karena itu jalan terakhir satu satunya menuju tempat harta karun itu" jawab Pak tua.

Akhirnya pemuda itu memutuskan untuk melewati jalan terakhir yaitu jalan sebelah kanan. Tapi tak berapa lama pemuda itu berbalik lari dengan napas ngos ngosan. Sambil marah marah pemuda itu berkata,

"Hei Pak tua..!! Kau mau membunuhku ya..? Didepan sana ada banyaK binatang buas, nyaris saja aku dimakanya."

Pak tua itu hanya manggut manggut sambil berkata,
"Anak muda.. ketiga jalan itu semuanya adalah jalan menuju harta karun. Semua jalan tidak semudah yg kau kira, semua nya penuh dengan rintangan. Untuk mengambil harta karun itu kau akan dihadapkan dengan berbagai macam pilihan dan harus melalui semua rintangan yg ada." kata Pak tua itu sambil berlalu.

---------------------------

Terkadang Tuhan tidak memberikan anugerah kepada hambanya itu dengan begitu saja. Terlebih dahulu Tuhan akan menguji hambanya dengan berbagai macam cobaan penderitaan sebelum menggantinya dengan sesuatu yg lebih baik. Tapi disaat Tuhan memberikan nya, terkadang kita akan dihadapkan dengan berbagai macam pilihan yg rumit. Tergantung diri kita sendiri, memilih untuk menentukannya atau hanya diam begitu saja dan tak akan mendapatkan apa2.

Tidak ada komentar: